Rabu, 25 Februari 2015

Pengertian Suara dan Audio

Suara 
Adalah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda. Getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu

Benda Bergetar ---> Perbedaan Tekanan di Udara ---> Melewati Udara (Gelombang) ---> Pendengar 


Suara berhubungan erat dengan rasa “mendengar”. Suara/bunyi biasanya merambat melalui udara. Suara/bunyi tidak bisa merambat melalui ruang hampa.


Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan
tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan
sebagai “Gelombang”.
Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu,
yang disebut sebagai “Periode”.
Contoh suara periodik : instrument musik, nyanyian burung, dll
Contoh suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll



Suara Digital adalah harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman konvensional maupun suara sintetis yang disimpan dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas.
Suara Analog. Data analog disebarkan melalui gelombang elektromagnetik secara terus menerus, sedangkan data digital disebarkan dalam bentuk angka yaitu “0” dan “1” yang biasa disebut biner dengan jeda.
Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.


Macam-macam Audio :
Audiovisual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.

  • Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
  • Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
  • Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
  • Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
Adapun Software yang dapat digunakan untuk mengedit audio sangat banyak,
Contoh :
1. Adobe Audition CS
Adobe Audition adalah standard penyunting suara yang profesional untuk memproduksi file suara. Seperti halnya Adobe Photoshop, software ini memiliki banyak sekali fitur editing yang bisa Anda gunakan. Namun tentunya tidak mudah juga untuk menggunakannya. Jika Anda tertarik Anda bisa mendownloadnya, file Adobe Audition ini sekitar 140Mb.

software aplikasi editing audio

2. Sound Forge
SoundForge adalah sebuah Software Digital Audio besutan Sony Creative Software. Software ini ditujukan untuk para professional atau semi-profesional dalam mengedit File Audio. Di SoundForge kita bisa mengedit, record, encode suatu lagu dalam format WAV, AIFF dan MP3 dan lain-lain. Menambah effect suara tertentu, memotong lagu, semuanya ada di Software ini. Cukup simple untuk pemula saya kira, karena interfacenya mudah digunakan. Software ini berukuran sekitar 70Mb.

software aplikasi editing audio

3. Cool Edit Pro
Sama halnya dengan 2 software di atas. Software ini bisa dikatakan software yang lengkap. 

software aplikasi editing audio

4. Gold Wave
GoldWave adalah software yang berfungsi untuk editing audio. Software ini dapat melakukan pengeditan audio yang umum dan efek, converter, merger file dan pembaca CD. GoldWave menyediakan fungsi standar editing,seperti cut, paste, selection, marking, dan trim. Selain itu juga tersedia fungsi advance editing antara lain noise reduction. pengaturan volume dan equalizer, serta penambahan efek echo. GoldWave sangat ideal untuk orang yang suka mengedit audio.


5. WavePad Sound Editor
Jika Anda masih awam dalam soal editing audio. Atau Anda hanya ingin mengedit, menggabungkan audio ada baiknya Anda menggunakan software ini. Selain mudah digunakan software ini pun sangatlah berukuran kecil, tidak kurang dari 1Mb.

software aplikasi editing audio

4 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  3. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    BalasHapus
  4. Silahkan kunjungi dan subscribe chanel FAHMEZI untuk mendengarkan audio relaksasi

    BalasHapus